Dampak Konsumsi Gula Bagi Tubuh Kita - Jangan Anggap Remeh

SetigaNews.com - Gula merupakan pemanis makanan atau minuman yang banyak di sukai orang. Masyarakat pada umum nya mengenal beberapa jenis gula antara lain gula pasir, gula batu dan gula merah sebenarnya masih ada jenis gula yang lain tapi tidak kita bahas untuk saat ini

Image from pixabay.com
Dari hasil penelitian para ahli walaupun ketiga gula tersebut mempunyai rasa yang sama akan tetapi memyebabkan dampak terhadap tubuh kita berbeda beda terutama terhadap kerja organ Pankreas.

Lalu apa sih dampak gula yang kita konsumsi hampir setiap hari terhadap pankreas, yuk kita simak bersama.

Gula Pasir

Banyak di jual di warung, toko, supermarket berbentuk butiran kecil berwarna putih atau terkadang berwarna agak kuning.

Perubahan gula pasir di dalam tubuh kita untuk menjadi gula darah memerlukan waktu sekitar 3 menit. Selanjutnya Pankreas akan bekerja selama kira kira 140 menit atau setara dengan 2 jam 20 menit untuk mengubah gula darah menjadi energi yang selanjutnya akan di simpan di dalam otot kita.

Mengapa begitu lama proses nya untuk menjadi energi ?

Karena gula pasir di produksi secara massal di pabrik pabrik gula dengan cara di panaskan pada mesin sampai dengan 400 derajat celcius. Semakin tinggi proses pemanasan yang di lakukan terhadap makanan maka semakin sulit untuk di cerna oleh tubuh kita.

Dalam kondisi normal pankreas kita dalam sehari hanya mampu mengubah gula pasir menjadi energi adalah hanya sebanyak 5 Gram atau setengah sendok makan.

Lalu bagaimana jika kita mengkonsumsi gula pasir lebih dari 5 Gram dalam sehari ?

Kelebihan gula pasir pada hari itu yang tidak bisa lagi di proses oleh pankreas akan tetap menjadi gula darah dan sebagian menjadi lemak.

Inilah awal mulanya timbul penyakit diabetes.

Sudah tahu kan dampaknya jika dalam satu hari berlebihan dalam mengkonsumsi gula pasir, yuk mulai kita kurangi konsumsi gula pasir agar tubuh tetap sehat dan segar supaya terhindar dari penyakit diabetes.

Gula Batu

Dari namanya tentu gula ini bentuknya lebih besar dari gula pasir, seperti bongkahan batu kecil dan berwarna putih. Proses pembuatan atau produksi gula batu ini tidak berbeda jauh dengan gula pasir hanya saja proses pemanasan tidak sepanas gula pasir.

Gula batu yang masuk ke dalam tubuh kita dalam kondisi yang normal hanya bisa di proses oleh pankreas sebanyak 60 Gram atau sama dengan 6 sendok makan untuk menjadi energi.

Gula batu bisa di katakan lebih baik dari gula pasir dalam hal waktu dan jumlah diproses nya menjadi energi dalam tubuh kita.

Gula Merah

Gula merah ini terbuat dari pohon kelapa atau aren yang banyak di buat secara tradisional, ada juga yang menyebut gula merah ini sebagai gula jawa, untuk pemanis masakan ibu ibu banyak juga yang menggunakan gula merah.

Pankreas dalam tubuh kita dalam kondisi sehat atau normal mampu mengubah gula merah sebanyak 90 Gram dalam sehari menjadi energi

Nah dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa gula yang sehat dan mudah serta banyak di proses oleh tubuh menjadi energi secara berurutan adalah : Gula Merah, Gula Batu dan terakhir Gula Pasir.

Ayo kurangi konsumsi gula agar hidup kita bisa lebih sehat dan bugar serta jangan lupa imbangi dengan berolahraga secara rutin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Konsumsi Gula Bagi Tubuh Kita - Jangan Anggap Remeh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel