Begini Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Yang Harus Di Ketahui

SetigaNews.com - Kehamilan bagi seorang wanita yang sudah berumah tangga adalah sesuatu yang sangat di harapkan, karena rasanya belum lengkap menjadi seorang wanita jika belum melahirkan. Selain itu melahirkan anak adalah untuk meneruskan keturunan dari sebuah keluarga.

menjaga kehamilan bulan pertama
image from : unsplash.com
Pada tiga bulan pertama kehamilan sangat menentukan tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan, jadi jangan abaikan kehamilan pada bulan bulan awal ini, apa yang harus di lakukan dan di hindari oleh ibu agar calon bayi nya bisa lahir dengan sehat dan selamat, yuk di baca artikel nya hingga akhir.

#Jauhi Makananan Yang Di Larang Selama Masa Kehamilan

Ibu yang sedang hamil memang sangat di jaga dengan ketat makanannya karena apa yang masuk ke dalam perut ibu juga nantinya yang akan di serap oleh janin. Karena jika tidak hati hati akan membahayakan janin yang di kandung dampaknya bisa macam macam antara lain bisa terkena virus, bakteri maupun parasit dan racun yang sangat membahayakan bagi si janin.

Makanan yang perlu di hindari ibu hamil antara lain adalah sushi dan sashimi dari ikan mentah, telur mentah, daging mentah dan ikan mentah. Selama hamil ibu di anjurkan untuk memimun susu, tetapi ada susu yang tidak boleh di minum yaitu susu yang belum di pasteurisasi (proses pemanasan yang bertujuan untuk membunuh organisme yang merugikan seperti bakteri, protozoa dll). 

Itulah salah satu cara menjaga kehamilan yang sehat, dari beberapa cara yang masih perlu ibu ketahui selanjutnya di bawah ini.

#Rutin Minum Vitamin Untuk Ibu Hamil Yang Di Sarankan Dokter

Ketika ibu sudah positif dinyatakan hamil maka carilah dokter ahli kandungan untuk bisa berkonsultasi dan memeriksa kondisi kesehatan ibu dan calon buah hati ibu secara rutin. Usahakan untuk tidak mengganti dokter sejak awal pemeriksaan kehamilan hingga melahirkan agar dokter yang memeriksa sudah tahu kondisi ibu dan janin nya sejak awal.

Selama kehamilan dokter akan memberikan asupan vitamin tambahan yang harus ibu minum secara rutin agar ibu dan calon bayi tetap sehat sampai dengan ibu hamil melahirkan, vitamin yang di berikan biasanya adalah asam folat dan zat besi.

#Mulailah Mengatur Pola Makanan Sehat

Asupan makanan sejak awal kehamilan harus mulai di perhatikan, perbanyaklah makanan yang mengandung serat, protein dan vitamin, makanan yang rendah lemak dan rendah kadar gula nya juga bagus untuk ibu hamil. Sumber protein bisa memakan daging ayam, daging sapi, tahu, tempe dan telur. Untuk karbohidrat bisa makan nasi, oatmeal, kentang dan roti. Sumber vitamin alami bisa memakan buah dan sayuran, minum susu dan keju juga di perbolehkan.

Konsultasikan lah selalu dengan dokter mengenai makanan yang di perbolehkan dan tidak karena mungkin ada hal lain yang perlu di kurangi atau perlu di tambah dalam menjaga kehamilan usia muda, karena setiap ibu mempunyai riwayat kesehatan yang berbeda beda.

#Stop Minuman Yang Mengandung Kafein

Ibu hamil minum kopi boleh apa tidak ? inilah jawabanya, kandungan kafein yang tedapat di dalam kopi akan di serap oleh plasenta namun masalah nya zat kimia yang berada di dalam kafein tidak mampu di pecahkan oleh janin sehingga ini akan mempengaruhi tumbuh kembang janin, hingga bisa mengakibatkan resiko keguguran.

Jadi untuk ibu hamil lebih baik berhenti dulu meminum kopi dan juga minuman yang mengandung kafein agar menghindari resiko yang tidak di inginkan pada janin kita. Perlu ibu ketahui kafein bukan hanya ada di kopi tetapi juga ada di minuman lain seperti teh, minuman bersoda, es krim dan juga minuman berenergi yang banyak di jual di warung warung.

#Hindari Asap Rokok Dan Asap Kendaraan

Menghindari asap rokok bukan saja ketika hamil tetapi setiap saat, karena banyak nya zat beracun yang keluar bersama asap rokok. Khusus untuk ibu hamil hal ini harus benar benar di hindari karena asap rokok yang terhirup oleh ibu hamil akan bisa meracuni janin, bisa mengganggu pertumbuhan otak janin, bisa merusak sistem kekebalan tubuh bayi hingga beresiko bayi meninggal prematur. Menjaga kehamilan yang baik sangat di wajibkan untuk ibu dan di bantu oleh ayah.

Jika memang harus keluar rumah pakailah selalu masker penutup hidung dan mulut agar terhindar dari asap rokok maupun asap kendaraan bermotor.

Itulah beberapa hal yang harus ibu lakukan dan juga di hindari dalam menjaga kehamilan tiga bulan pertama hingga melahirkan, apalagi jika ini buah hati pertama tentu sangat membahagiakan ketika bayi yang di lahirkan sehat dan normal pastinya akan menambah kebahagiaan ibu dan juga ayah serta keluarga besar. 

Jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter jika ada keluhan ataupun ada yang harus di tanyakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Yang Harus Di Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel